Rabu, 13 November 2013

Pemprov DKI Ingin Beli Kedubes Inggris Untuk Taman Kota

Dalam pertemuan dengan utusan dagang Perdana Menteri Inggris untuk Indonesia Richard Graham, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) mengutarakan lagi niat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membeli lahan kantor Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

Menurut Ahok, pihak Inggris dalam pertemuan hari Rabu 13 Nopember 2013 itu mau menjual lahan tersebut dengan harga bisnis, hal itu bagi Ahok bukan masalah asalkan dijual ke Pemrov DKI. Ahok mengatakan pihaknya siap membeli berdasarkan taksiran harga pasaran, bukan berdasarkan Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP). Lahan itu rencananya akan dibuat taman dan pos polisi, dari situ pengunjung nantinya dapat menikmati taman dan pemandangan air mancur Bundaran HI.

Sambil menunggu kepindahan Kedubes Inggris, Pemprov DKI melakukan survei mengenai pasaran harga tanah di wilayah Bundaran HI, harga pasaran hasil survei akan dicocokkan dengan harga jual pihak Inggris. Niat membeli lahan Kedubes Inggris telah disampaikan ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Keinginan Ahok agar Pemprov DKI membeli lahan Kedubes Inggris sejalan dengan rencana untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH), hal ini berfungsi untuk resapan air dan sebagai taman interaksi.

Saat ini Pemprov DKI belum dapat melaksanakan niat untuk membeli lahan tersebut karena Kedubes Inggris belum  pindah secara resmi ke kantor barunya du kawasan Kuningan Jakarta Selatan.

Saat ini pihak Inggris memang berencana memindahkan kantor kedubesnya di Jakarta, salah satu alternatif lokasi baru kedubes adalah di bilangan Rasuna Said Kuningan. Rencana kepindahan itu karena kantor di kawasan Bundaran HI dinilai sempit.

Pembicaraan mengenai kepindahan Kedubes Inggris pernah juga dibicarakan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Charles Humfrey.Dalam pembicaraan itu keduanya membahas mengenai kemungkinan Kedubes Inggris pindah ke Jl. Patra Kuningan IV dan V.

Selain membidik Kedubes Inggris, Ahok 18 Oktober lalu mengatakan lokasi Hotel Mandarin harusnya dibuat taman sebagaimana konsep Bung Karno bahwa di dekat Bundaran HI harusnya dibuat taman.

Sumber: Berita Jakarta, Inilah, Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar