Kamis, 14 November 2013

Facebook Messenger untuk iOS dan Android

Hari ini Facebook merilis tampilan baru Facebook Messenger untuk ponsel berbasis iOS dan Android yang semakin mirip dengan aplikasi pesan instan lainnya seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk, dan WeChat. Dengan demikian kita sudah bisa chatting lewat FB Messenger lebih mudah dan cepat serta tidak perlu login melalui website Facebook.

Tadinya Messengger milik Facebook sulit digunakan lewat ponsel, pengguna hanya nyaman menggunakan melalui komputer dan harus login terlebih dahulu. Kalaupun mau menggunakan lewat pnsel, harus melalui aplikasi pihak ketiga.

Sekarang kita bisa chatting tanpa harus login ke Facebook, layaknya menggunakan  WhatsApp, Line, KakaoTalk, WeChat, atau BBM. Enaknya lagi, aplikasi ini bisa diunduh gratis, sayangnya baru bisa untuk ponsel berbasis iOS dan Android. Belum ada informasi apakah semua versi iOS dan Android sudah didukung atau hanya versi tertentu saja seperti BBM yang hanya bisa digunakan pada Android dan iOS tertentu selain ponsel Blackberry tentunya.

Kini aplikasi pesan instan Facebook Messenger sudah bisa digunakan melalui ponsel tanpa harus login ke halaman web atau bahkan tanpa akun Facebook. Tidak seperti versi sebelumnya, aplikasi ini sudah bisa mengenali nomor ponsel pengguna dan dari daftar kontak ponsel.

Dalam keterangan resmi Facebook yang dikutip maiwanews, disebutkan bahwa aplikasi Facebook Messengger serupa dengan pesan teks (SMS) atau aplikasi pesan teks lainnya. Dengan Facebook Messenger pengguna bisa mengetahui siapa saja kontaknya yang bisa dihubungi melalui aplikasi tersebut dengan adanya lambang berwarna biru setelah nama kontak bersangkutan.

Lalu bagaimana jika saya belum berteman melalui Facebook? Berdasarkan informasi dari Facebook yang dikutip maiwanews, pengguna dapat saling berkomunikasi meski mereka belum berteman di Facebook. Namun ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama pengguna mengkonfirmasi terlebih dahulu nomor telepon mereka kemudian, langkah kedua yaitu pada pertanyaan "Who can look you up by the phone number you provided?" pilih "public". Langkah ini dilakukan agar bisa ditemukan oleh orang-orang yang ada dalam daftar kontak.

Dengan pembaharuan ini, Facebook Messenger makin mirip dengan aplikasi pesan instan lainnya seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk, dan WeChat, bahkan BBM.Aplikasi yang dirilis 14 Nopember hari ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna ponsel berbasi iOS dan Android. Pengguna dapat mengunduh secara gratis mulai hari ini.

Menurut saya, fitur baru atau pembaruan aplikasi Facebook Messengger membuat pengguna makin lengket sama situs jejaring sosial Facebook. Fitur ini juga akan menjawab kebosanan sebagian orang sekaligus dapat memperluas jaringan pengguna Facebook.

Menurut saya lagi, dengan demikian Facebook menambah persaingan dalam aplikasi pesan instan, dan menambah selangkah kemajuan dalam persaingan di situs jejaring sosial atau situs pertemanan.

Lagi-lagi menurut saya, ada kemungkinan Facebook nantinya juga akan semakin mengembangkan aplikasi email, dimana saat ini embrionya sudah mulai kelihatan. Selain itu Facebook bisa menjadi ancaman bagi situs pencarian seperti Bing, Yahoo, dan beberapa situs pencarian lainnya, namun masih akan kesulitan jika harus berhadapan dengan Google. Tapi bukan tidak mungkin Facebook bisa menjadi yang terbaik.

Masih menurut saya, Google sudah mengembangkan Google Plus, layanan ini juga menyasar orang-orang yang senang dengan bertemanan dan suka dengan mendia sosial. Sementara layanan emailnya sudah berada jauh di depan, layanan Gmail masih sangat sulit tertandingi. Belum lagi layanan Google Drive, adwords, adsense, dan beberapa layanan lainnya. Bisa jadi suatu saat Google juga akan memperbaharui Google Talk (GTalk) sehingga lebih mudah digunakan lewat ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar