Kamis, 14 November 2013

Apa yang Saya Harapkan dari Blogger/Blogspot

Layanan blog gratis Google bernama Blogger/Blogspot sangat membantu orang-orang dengan modal cekak tapi tetap ingin menulis. Atau bagi orang-orang yang punya modal tapi masih ingin belajar terlebih dahulu sebelum membeli layanan berbayar. Tapi layanan gratis ini juga banyak dimanfaatkan untuk orang-orang yang sudah mencapai level profesional.

Fitur-fitur pada Blogger atau Blogspot sudah sangat baik, bahkan fitur yang belum pernah saya fikirkan sebelumnya juga sudah ada di Blogger/Blogspot. Namun ada beberapa fitur atau fasilitas yang harapkan suatu saat bisa disediakan oleh Google sebagai pemilik sah Blogger/Blogspot. Berikut ini beberapa fasilitas yang saya maksudkan:

Satu:

Ada kategori dan sub kategori dan sub sub kategori dan seterusnya, alias sistem pengkategorian dengan kedalaman tidak terbatas. Saat ini Blogger hanya menyiapkan fasilitas label dan tidak ada sub label, ataukah mungkin sebenarnya fsilitas itu sudah ada tapi saya tidak mengetahuinya?

Dua:

Disediakan theme atau template atau skin atau apalah namanya, pokoknya tampilan desain yang lebih terkesan profesional dan beragam. Saat ini pilihan template pada halaman admin masih sangat sedikit, meski di luar sana sudah banyak orang membuat template gratis maupun berbayar untuk Blogger.

Tiga:

Kemudahan menambahkan dan mengkonfigurasi artikel terkait. Karena keberadaan artikel terkait bermanfaat untuk membuat orang betah berlama-lama di blog kita, dimana orang sekarang banyak yang malas menggunakan kotak pencarian.

Empat:

Kemudahan mengirim dan/atau mengedit tulisan melalui ponsel jadul (tapi tidak jadul-jadul amat). Kita bisa mengirim artikel melalui email itu bagus, tapi kemudahan mengedit belum saya temukan. Bahkan mengedit lewat Balckberry Javelyn tidak bisa saya lakukan, entah kalau dengan Blackberry lainnya, apakah bisa atau sama saja.

Untuk sementara empat dulu, nanti ditambah kalau memang ada harapan lainnya, atau mudah-mudahan malah berkurang jika kemudian fitur yang saya harapkan kemudian disediakan oleh Blogger.