Selasa, 29 April 2014

Install Oracle Java 8 di Ubuntu 10.04

Sebelumnya di laptop sudah terinstall OpenJDK Java 6 Runtime, tapi saya mau install Oracle Java 8 (JDK & JRE), entah mengapa saya terdorong untuk terlebih dahulu menghapus OpenJDK Java 6 Runtime melalui Ubuntu Software Center, lalu Binging (karena pake mesin pencari Bing, kalau pake Google maka namanya Googling).

Dan hasil dari Bingin saya menemukan tutorial di:
Langkah-langkah yang saya lakukan adalah:
  • Konek internet
  • Buka terminal
  • Ketikkan (atau copas saja biar lebih simpel): sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
  • Kemudian ketikkan atau copas perintah: sudo apt-get update dan tunggu sampai proses selesai
  • Selanjutnya perintah: sudo apt-get install oracle-java8-installer
  • Akan muncul pesan: After this operation, 811kB of additional disk space will be used. Do you want to continue [Y/n]? Jawab saja Y lalu tekan enter
  • Akan muncul Package Configuration dengan pesan: Oracle Binary Code License Agreement for the Java SE Platform Products and JavaFX
    You MUST agree to the license available in http://java.com/license if you want to use Oracle JDK. Jika setuju dan ingin melanjutkan proses instalasi, tekan enter
  • Sekarang pesannya adalah: In order to install this package, you must accept the license terms, the "Oracle Binary Code License Agreement for the Java SE Platform Products and JavaFX". Not accepting will cancel the installation. Do you accept the Oracle Binary Code license terms? Pilih Yes dan tunggu proses instalasi
  • Setelah selesai, pada terminal masukkan perintah: java -version, jika semua berjalan dengan baik, maka di terminal akan tampil pesan:
    java version "1.8.0"
    Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.8.0-b132)
    Java HotSpot(TM) 64-Bit Server VM (build 25.0-b70, mixed mode)
Catatan:
Jika Anda menganggap saya hebat, maka Anda salah.
Jika Anda menganggap saya jago, maka Anda salah.
Karena saya juga masih baru belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar